Unravelling The World

Advertisements

Slam Dunk

Shohokuartwork

Rating Anime: A, Rating Manga: A++ (berdasarkan penilaian pribadi)

Selain Death Note, Slam Dunk juga termasuk anime jadul yang paling saya suka. Bahkan, gara-gara nonton Slam Dunk saya jadi ketagihan nonton anime-anime yang lain. Sebenarnya saya nonton Slam Dunk sudah dari lama banget, mungkin sekitar lebih dari sepuluh tahun lalu saat saya masih SD, tapi saat itu nontonnya gak sampai selesai.

Oke langsung saja, Slam Dunk bercerita tentang anak SMA Shohoku yang amat sangat kasar dan belagu bernama Hanamichi Sakuragi. Sialnya, Hanamichi yang terobsesi ingin punya pacar ini selalu ditolak perempuan. Pada suatu hari, Hanamichi yang tak kenal kata menyerah jatuh hati pada seorang gadis di sekolahnya yang bernama Haruko. Ternyata, Haruko adalah adiknya sang kapten tim basket di SMA Shohoku. Untuk menarik hati Haruko, akhirnya Hanamichi masuk tim basket, padahal dia sama sekali gak bisa bahkan belum pernah main basket sebelumnya. Selanjutnya, Slam Dunk tidak bercerita tentang kisah cinta Hanamichi-Haruko, tapi tentang perjuangan Hanamichi dan tim basket untuk memenangkan kompetisi basket nasional.

Cerita ini penuh dengan kekocakkan dari awal sampai akhir. Gak hanya kocak, cerita Slam Dunk yang penuh dengan semangat berkompetisi juga sangat menginspirasi. Sebagian besar cerita didominasi dengan adegan pertandingan basket di lapangan. Tapi percayalah, anime ini tidak membosankan karena setiap adegannya benar-benar diatur sedemikian rupa sehingga penonton juga seakan-akan ikut dalam pertandingan basket, merasa semangat juga merasa deg-degan takut kalah atau menang.

Selain ceritanya yang seru, yang menjadi daya tarik utama dalam anime ini adalah tokoh bernama Kaede Rukawa, yang benar-benar membuat setiap perempuan (termasuk saya) jatuh hati ❤ hahaha. Kaede Rukawa adalah teman satu tim Hanamichi, tapi Hanamichi menganggapnya sebagai saingan karena Haruko cinta banget sama Rukawa. Terlebih lagi karena Rukawa amat sangat jago basket dan amat sangat keren, berkebalikan dengan Hanamichi yang cenderung bodoh dan tidak bisa apa-apa, sehingga dari pertama kali bertemu sampai terakhir Hanamichi membenci Rukawa.

Anime ini berjumlah 101 episode. Saat selesai di episode ke-101, saya benar-benar kaget dan kecewa karena ceritanya sangat menggantung. Saking penasarannya, saya sampai googling mencari sinopsis akhir cerita Slam Dunk. Naaah ternyataaa, animenya memang hanya bercerita sampai tim basket Shohoku lolos babak penyisihan daerah dan akhirnya mereka berangkat untuk ikut kompetisi nasional, tapi pertandingan nasionalnya tidak diceritakan. Padahal, cerita aslinya (di komik karya penulis aslinya) cerita berakhir saat tim basket Shohoku berhasil menyelesaikan pertandingan di kompetisi nasional (menang atau kalahnya baca sendiri ya hehe).

Akhir cerita asli (komik) Slam Dunk amat sangat mengesankan. Hanamichi dan Rukawa yang tadinya saling membenci akhirnya saling bekerjasama. Daan, hasil kerja keras dan kerja sama tim Shohoku benar-benar diceritakan dengan sangat mengagumkan dan mengharukan. Slam Dunk saya rekomendasikan untuk pecinta anime dan penyuka olahraga karena tidak ada cerita tentang olahraga lain yang sebagus ini. Meskipun sebenarnya saya sangat kecewa dengan animenya yang sepertinya belum selesai.

Death Note

wallpaper01_1680

Rating: A+ (berdasarkan penilaian pribadi)

Death Note adalah anime paling keren yang pernah saya tonton. Telat sih ya kalau nulis review tentang Death Note, secara anime ini udah lamaaa banget, saya juga telat banget baru nonton tahun ini (hiks). Tapi menurut saya, lebih baik terlambat daripada gak nonton sama sekali karena Death Note ceritanya seru banget. Walaupun rasanya enggan sih nonton anime ini lagi karena ceritanya sangat serius, gak ada lucu-lucunya, dan akhir ceritanya sangat dramatis, tapi tetep aja Death Note termasuk anime terbaik yang saya rekomendasikan.

Jadi, Death Note bercerita tentang Light Yamato, anak lelaki SMA yang sangat cerdas, tampan, dan jago olahraga, pokoknya tipe-tipe cowok perfect gitu lah. Nah, Light yang sangat idealis dengan kehidupan, merasa muak dan kesal dengan banyaknya kejahatan di muka bumi ini. Suatu hari, ada buku kematian yang jatuh dari langit di halaman sekolahnya. Siapa saja yang namanya tertulis di buku itu akan mati dalam waktu 40 detik. Nah, kehebatan buku yang ditemukan oleh Light ini ia gunakan dengan sebaiknya-baiknya untuk memberantas kejahatan.

Di awal Light terkesan seperti pahlawan yang berjasa dalam memberantas kejahatan. Tapi, tidak seperti itu ceritanya karena Light menjadi tokoh paling jahat yang paling diincar disini. Jarang-jarang kan ada anime yang tokoh utamanya jahat, ini dia yang membuat Death Note menarik.

Light menjadi amat sangat tidak terkendali dan membunuh banyak orang setiap hari. Lebih parahnya, Light juga berangan-angan menjadi tuhan yang akan menciptakan dunianya sendiri tanpa kejahatan. Aksi Light tercium oleh pihak kepolisian dan masyarakat karena semua orang yang mati memiliki kesamaan, yaitu penjahat yang wajah dan namanya disiarkan di TV dan mati karena serangan jantung. Orang-orang yang pro dengan aksi pembunuhan massal itu mulai memuja pelaku pembunuh yang tidak mereka ketahui tersebut dan menyebutnya sebagai Kira (dari kata killer yang berarti pembunuh).

Akhirnya, Kira menjadi buronan polisi sebagai pembunuh paling berbahaya. Sampai-sampai detective paling hebat yang sangat misterius yang disebut L (tidak diketahui nama aslinya) ikut memburu Kira. Kira dan L jadi saling bersaing dan saling memburu. Mereka berdua menggunakan trik dan rencana-rencana yang sangat cerdas untuk saling menjebak.

Yang paling berkesan dalam anime ini adalah rencana-rencana cerdas yang dibuat oleh Kira. Semua perhitungan Kira selalu tepat dan rencananya selalu berhasil. Cerita Death sangat cerdas dan menarik,  alur ceritanya juga cepat dan menegangkan, sehingga 25 episode Death Note sama sekali tidak terasa membosankan dan rasanya tidak bisa move on sebelum ceritanya selesai.

Hiding

I wish I could lay down beside you
When the day is done
And wake up to your face against the morning sun
But like everything I’ve ever known
You’ll disappear one day
So I’ll spend my whole life hiding my heart away

Blue Requiem

The wind blew through me, once in my life
In the midst of countless meetings
You’re a shootin’ star that pierced my heart
Deeper and stronger than friendship

That day, I lost the pieces of myself
But you filled in all the blanks
Day by day, sadness rains down
On the crying earth we supported each other, the two of us

Looking at me with such kind eyes
You sang a blue requiem
Because I’ll never forget
Sing the end of the future until we die

What warmth did I give to you?
On a night when my isolation was deeper than loneliness
On the long road, as I hung my head you were by my side
And you turned my useless tears into smiles

You smile with such sad eyes
I had the premonition
That you’d someday disappear
But if I bind my memories, I can go to meet that sky

All night long, to shield us from goodbyes
We said nothing as we were held by the sea of stars

The wind blew through me, once in my life
In the midst of countless meetings
You’re a shootin’ star that pierced my heart
Deeper and stronger than friendship

Looking at me with such kind eyes
You sang a blue requiem
Because I’ll never forget
Sing the end of the future until we die

Original lyrics by Kotake Masato. Translated by bluepenguin