Manfaat Memasak Bersama Anak

Manfaat Memasak Bersama Anak

Manfaat Memasak Bersama Anak

Mungkin perasaan pertama yang kita rasakan ketika harus mengajak anak untuk ikut memasak di dapur adalah rasa ngeri. Tidak dapat dipungkiri, anak kecil yang masih sulit untuk diatur dan tidak mengerti apa-apa tentang memasak pasti hanya akan menjadi penghambat ibu ketika menyiapkan hidangan. Belum lagi berbagai peralatan dapur yang mungkin membahayakan bisa saja melukai buah hati. Tetapi, jika anda tau betapa banyak manfaat yang dapat kita peroleh dengan mengajak anak ikut memasak, pasti anda akan berubah pikiran dan mulai mempertimbangkan untuk mengajak buah hati ikut repot menyiapkan hidangan. Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir karena ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar Anak tetap aman saat memasak. Tapi pertama, Anda harus tahu apa saja manfaat memasak bersama anak. Ini dia ulasannya!

1. Meningkatkan kehangatan dan rasa cinta antara Ibu dan Anak

Kegaiatan belajar-mengajar merupakan salah satu bentuk interaksi. Begitu pula dengan kegiatan memasak bersama yang secara tidak langsung si Ibu mengajarkan masak pada si kecil merupakan salah satu bentuk interaksi yang positif. Semakin sering interaksi yang anda lakukan pada anak, akan semakin meningkat pula kehangatan dan rasa cinta antara anda dengan si buah hati. Biasakanlah untuk memuji dan mencium anak anda ketika ia berhasil membantu memasak dengan baik. Dengan begitu, ia akan merasa lebih dekat dengan anda.

2. Melatih keterampilan dan menambah wawasan anak

Memasak adalah keterampilan yang tidak dimiliki oleh semua orang. Ketika anda mengajak si buah hati untuk memasak, ia akan mulai mengenali peralatan memasak dan terbiasa untuk menggunakannya. Apalagi jika anda mengenalkan berbagai bahan masakan serta menjelasakan manfaat kandungannya, pasti wawasan anak anda akan bertambah. Tanpa disadari, semakin lama si buah hati akan semakin terampil memasak yang kelak akan sangat berguna di kehidupannya.

3. Meningkatkan rasa tanggungjawab

Ketika anda mengizinkan si buah hati masuk dapur dan membantu anda memasak, ia akan merasa dipercaya untuk melakukan sesuatu hal yang penting. Ketika itu pula biasanya si kecil akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu anda. Dengan cara seperti itu, anda sudah melatih anak anda untuk bertanggungjawab menyelesaikan berbagai tugas yang ia dapatkan. Beberapa kali saja anda mengajak si buah hati memasak, di lain waktu pasti ia akan merasa bertanggungjawab untuk harus membantu anda memasak.

4. Membiasakan pola makan sehat

Ketika anak dibiasakan untuk memasak dan makan makanan rumahan yang sehat, ia akan cenderung menghindari makanan yang tidak sehat serta tidak akan meminta jajanan yang sembarangan.

5. Membiasakan kegiatan yang baik pada anak

Memasak adalah salah satu kegiatan yang positif. Daripada membiarkan si buah hati berlama-lama menonton TV, main games, atau seharian bermain diluar, akan jauh lebih baik apabila ia menghabiskan waktu untuk sibuk berpartisipasi menyiapkan hidangan makanan yang terbukti memiliki banyak manfaat.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s