5 Cara Mudah Turunkan Berat Badan Tanpa Diet

Cara Mudah Turunkan Berat Badan

sumber gambar: http://www.google.com

 

Banyak orang beranggapan kalau menurunkan berat badan tanpa diet adalah hal yang mustahi. Anggapan seperti ini merupakan kesalahpahaman yang berdampak buruk bagi seseorang. Sebenarnya, menurunkan berat badan tanpa diet ketat adalah sesuatu yang dianjurkan. Diet memang dapat menurunkan berat badan, tetapi biasanya tidak berlangsung lama karena kebanyakan orang tidak mampu dan bosan untuk mempertahankannya. Selain itu, diet yang terlalu ketat justru akan membuat tubuh mudah terserang penyakit akibat sistem kekebalan tubuh menurun. Jadi, bagaimana cara mendapatkan berat tubuh ideal tanpa bersusah payah melakukan diet? Berikut 6 cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan tanpa diet yang menyiksa.

1. Makan dengan Teratur

Menahan lapar tidak akan membuat Anda bertambah kurus. Nyatanya, orang yang makan teratur tiga kali sehari cenderung lebih sehat dan memiliki tubuh lebih ideal daripada orang yang sering melewatkan waktu makan. Hal ini disebabkan karena orang yang menahan lapar biasanya akan melahap makanan lebih banyak ketika makan. Jadi, menahan lapar adalah hal yang sia-sia karena selain dapat membuat nafsu makan semakin bertambah, juga akan membuat sistem kekebalan tubuh melemah akibat gizi yang tidak seimbang.

2. Makan dengan Porsi 80

Ibaratkan angka 100 adalah nilai untuk perut yang kenyang. Makanlah dengan porsi 80 agar perut tidak terlalu kekenyangan yang membuat lemak Anda bertumpuk. Berhenti makan sebelum kenyang. Kebiasaan ini akan membuat Anda lebih sehat karena tubuh tetap mendapat asupan gizi yang cukup tetapi tidak membuat gemuk akibat lemak yang berlebih. Sisakan 20% ruang kosong di perut Anda, cara makan seperti ini lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada tidak makan sama sekali.

3. Kunyah Makanan dengan Benar

Mengunyah makanan dengan benar, 32 gigitan dalam sekali suap, dipercaya dapat mencegah nafsu makan berlebih. Waktu yang diperlukan untuk mengunyah akan berpengaruh pada sinyal yang diterima otak. Cara makan yang lambat akan dideteksi otak sebagai sinyal kenyang, sebaliknya, melahap makanan dengan terburu-buru otomatis akan ditangkap sebagai sinyal ingin makan berlebih oleh otak.

4. Olahraga dan Mengukur Berat Badan Secara Teratur

Olahraga sangat berguna untuk mengikis lemak dalam tubuh. Tidak perlu berolahraga berat, olahraga ringan yang dilakukan rutin setiap hari lebih efektif mengurangi lemak daripada olahraga berat yang cenderung membuat Anda merasa lebih lapar dan ingin makan lebih banyak. Jangan lupa untuk menimbang berat badan secara rutin. Orang yang rajin mengukur berat badan akan mengalami penurunan berat badan yang lebih signifikan dibandingkan orang yang tidak pernah mengukur berat badan. Semakin cepat mengetahui berat badan, semakin cepat pula Anda dapat mengatur pola makan.

5. Banyak minum air putih dan makanan yang berserat

Minum banyak air putih selain dapat memperlancar pencernaan, juga dapat mengurangi rasa lapar dan menghambat keinginan untuk ngemil. Perbanyak juga makanan berserat, seperti sayur dan buah, dalam menu makanan Anda. Kandungan serat yang tinggi akan membuat anda kenyang lebih lama tanpa menambah lemak dalam tubuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s