Slam Dunk

Shohokuartwork

Rating Anime: A, Rating Manga: A++ (berdasarkan penilaian pribadi)

Selain Death Note, Slam Dunk juga termasuk anime jadul yang paling saya suka. Bahkan, gara-gara nonton Slam Dunk saya jadi ketagihan nonton anime-anime yang lain. Sebenarnya saya nonton Slam Dunk sudah dari lama banget, mungkin sekitar lebih dari sepuluh tahun lalu saat saya masih SD, tapi saat itu nontonnya gak sampai selesai.

Oke langsung saja, Slam Dunk bercerita tentang anak SMA Shohoku yang amat sangat kasar dan belagu bernama Hanamichi Sakuragi. Sialnya, Hanamichi yang terobsesi ingin punya pacar ini selalu ditolak perempuan. Pada suatu hari, Hanamichi yang tak kenal kata menyerah jatuh hati pada seorang gadis di sekolahnya yang bernama Haruko. Ternyata, Haruko adalah adiknya sang kapten tim basket di SMA Shohoku. Untuk menarik hati Haruko, akhirnya Hanamichi masuk tim basket, padahal dia sama sekali gak bisa bahkan belum pernah main basket sebelumnya. Selanjutnya, Slam Dunk tidak bercerita tentang kisah cinta Hanamichi-Haruko, tapi tentang perjuangan Hanamichi dan tim basket untuk memenangkan kompetisi basket nasional.

Cerita ini penuh dengan kekocakkan dari awal sampai akhir. Gak hanya kocak, cerita Slam Dunk yang penuh dengan semangat berkompetisi juga sangat menginspirasi. Sebagian besar cerita didominasi dengan adegan pertandingan basket di lapangan. Tapi percayalah, anime ini tidak membosankan karena setiap adegannya benar-benar diatur sedemikian rupa sehingga penonton juga seakan-akan ikut dalam pertandingan basket, merasa semangat juga merasa deg-degan takut kalah atau menang.

Selain ceritanya yang seru, yang menjadi daya tarik utama dalam anime ini adalah tokoh bernama Kaede Rukawa, yang benar-benar membuat setiap perempuan (termasuk saya) jatuh hati ❤ hahaha. Kaede Rukawa adalah teman satu tim Hanamichi, tapi Hanamichi menganggapnya sebagai saingan karena Haruko cinta banget sama Rukawa. Terlebih lagi karena Rukawa amat sangat jago basket dan amat sangat keren, berkebalikan dengan Hanamichi yang cenderung bodoh dan tidak bisa apa-apa, sehingga dari pertama kali bertemu sampai terakhir Hanamichi membenci Rukawa.

Anime ini berjumlah 101 episode. Saat selesai di episode ke-101, saya benar-benar kaget dan kecewa karena ceritanya sangat menggantung. Saking penasarannya, saya sampai googling mencari sinopsis akhir cerita Slam Dunk. Naaah ternyataaa, animenya memang hanya bercerita sampai tim basket Shohoku lolos babak penyisihan daerah dan akhirnya mereka berangkat untuk ikut kompetisi nasional, tapi pertandingan nasionalnya tidak diceritakan. Padahal, cerita aslinya (di komik karya penulis aslinya) cerita berakhir saat tim basket Shohoku berhasil menyelesaikan pertandingan di kompetisi nasional (menang atau kalahnya baca sendiri ya hehe).

Akhir cerita asli (komik) Slam Dunk amat sangat mengesankan. Hanamichi dan Rukawa yang tadinya saling membenci akhirnya saling bekerjasama. Daan, hasil kerja keras dan kerja sama tim Shohoku benar-benar diceritakan dengan sangat mengagumkan dan mengharukan. Slam Dunk saya rekomendasikan untuk pecinta anime dan penyuka olahraga karena tidak ada cerita tentang olahraga lain yang sebagus ini. Meskipun sebenarnya saya sangat kecewa dengan animenya yang sepertinya belum selesai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s